Reportase Pelaksanaan PKG STAIN Tulungagung

Kontributor:

Hari Sabtu, tanggal 5 Januari 2013, program Peningkatan Kualifikasi Guru Pendidikan Agama Islam (PKG) STAIN Tulungagung kedatangan tamu  dari Ditjend Pendis Kementerian Agama RI Jakarta. Bapak Abdul Hamid (selaku Kasi Ketenagaan Kemenag RI-foto kiri) menjalankan tugas dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan program PKG wilayah Tulungagung-Trenggalek-Blitar.

Program PKG-PAI yang diikuti oleh 160 peserta dengan rincian 110 dari guru PAI tingkat SD dan 50 peserta dari guru PAI tingkat SMA telah menjalankan program “In” pertama pada tanggal 23-25 Desember 2012 di Barata Hall Convention. Program “In” pertama merupakan pembekalan strategi pembelajaran PAI, yang implementasinya dilaksanakan pada program “Out” yaitu praktek langsung di lapangan yang dilaksanakan mulai tanggal 28Desember 2012 sampai dengan 12 Januari 2013.

Sebagai evaluasi dari program “Out” diadakan program “In” kedua, yang dilaksanakan di kampus STAIN Tulungagung, hari Minggu tanggal 13 Januari 2013. Program ini merupakan peningkatan kompetensi guru dibidang  paedagogik, terutama dalam strategi pembelajaran di kelas. Namun pada hakekatnya tidak hanya pada peningkatan profesionalisme saja, melainkan diharapkan guru PAI juga mampu meningkatkan kompetensi yang lain, baik dalam kualifikasi pendidikan, kepribadian maupun sosial. Hal ini sebagaimana ungkapan dari Ketua STAIN Tulungagung Dr. Maftukhhin, M.Ag (foto kanan) dalam  pengarahan program “In” kedua.

Program PKG-PAI yang dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan ini merupakan angin segar bagi para guru PAI, sebagai motivator dan inovator dalam peningkatan proses belajar mengajar yang telah lama mereka tekuni. Selama ini guru PAI yang menjalankan tugasnya di sekolah umum jarang mendapatkan pelatihan peningkatan kualifikasi guru dari Kemenag, sehingga program PKG ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan pemahaman peserta untuk bisa diaplikasikan dalam praktek langsung proses belajar mengajar. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Kajur Tarbiyah, Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I selaku ketua panitia penyelenggara PKG-PAI.

Program PKG ini menghasilkan produk, yaitu berupa RPP dalam 4 model pembelajaran, yaitu RPP yang mengacu pada model pembelajaran Cooperative Learning (CL), Contextual Teaching Learning (CTL), Student Teaching Learning (SAL) dan Tematik. Tidak hanya pada produk RPP saja, namun masing-masing model pembelajaran yang telah tertuang dalam RPP tersebut dipraktekkan langsung dalam proses pembelajaran, dan direkam dalam Video pembelajaran, sehingga diharapkan dapat dijadikan model pembelajaran PAI di sekolah-sekolah. Selanjutnya hasil produk tersebut akan dijadikan bahan ekspos data kepada Mapenda wilayah Tulungagung, Blitar, Trenggalek dan UPTD wilayah Tulungagungyang insya Allah dilaksanakan pada besok hari Sabtu, tanggal 19 Januari 2013 di Hotel Narita Tulungagung. Adapun dokumentasi pelaksanaan program “In” dan “Out” sebagaimana dalam foto berikut, hasil jepretan dari panitia. (red-ch)  

Foto Monev dari Kemenag Jakarta RI

Foto program "out"

Foto Program "In" Kedua

Skip to content