SELEKSI PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI IAIN TULUNGAGUNG TAHUN 2014

Kontributor:

(Tulungagung, 14 Agustus 2014) Sedikitnya 375 calon mahasiswa IAIN Tulungagung dari 1682 calon mahasiswa yang telah diterima melalui SPAN PTAIN maupun UM PTAIN mengikuti seleksi penerimaan Beasiswa Bidikmisi Tahun 2014. Beasiswa Bidikmisi adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa miskin dan memiliki potensi akademik yang bagus.
Seleksi beasisawa Bidikmisi dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis-Jum’at, 14-15 Agustus 2014 bertempat di Kampus IAIN Tulungagung. Materi seleksi meliputi ujian tertulis dan wawancara. Di samping itu, juga dilakukan survey faktual ke rumah masing-masing peserta. Survey faktual akan dilaksanakan pada 16-18 Agustus 2014. Hal ini dilakukan agar beasiswa bidikmisi betul-betul tepat sasaran. “Kita sangat berharap penerima beasiswa Bidikmisi adalah mahasiswa yang memiliki prestasi dan memang betul-betul membutuhkan,” kata Dr. Maftukhin, M.Ag, Rektor IAIN Tulungagung.
Dr. Maftukhin menegaskan bahwa pengelolaan Bidikmisi untuk tahun 2014 ini sudah diletakkan di DIPA masing-

masing Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Bidikmisi PTAI di lingkungan Kementerian Agama. Sebagai salah satu PTP, IAIN Tulungagung mengemban amanah yang besar dalam pengelolaan Bidikmisi. “Oleh karena itu, program beasiswa ini harus dilaksanakan sebaik mungkin mulai dari perencanaan, seleksi, pelaksanaan, hingga pengawasan”, tegas Pria asal Pekalongan ini. 
SPMB Jalur Mandiri 
Sebelum pelaksanaan seleksi penerima beasiswa Bidikmisi, IAIN Tulungagung juga menyelenggarakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri untuk Tahun 2014. Seleksi ini diselenggarakan pada Selasa & Rabu 12-13 Agustus 2014. Seleksi dilaksanakan di Kampus IAIN Tulungagung. SPMB mandiri ini adalah salah satu jalur masuk menjadi mahasiswa IAIN Tulungagung. Selain SPMB Mandiri, jalur masuk yang lain adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTAIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN). SPAN PTAIN dan UM-PTAIN dilakukan dengan sistem terpusat secara nasional. Adapun SPMB Mandiri dilaksanakan oleh IAIN Tulungagung. Total pendaftar calon mahasiswa IAIN Tulungagung dari seluruh jalur penerimaan berjumlah 4068 orang.
Pada tahun 2014 ini peserta yang mendaftarkan SPMB Mandiri berjumlah 894 orang. Jurusan yang paling diminati adalah Jurusan Ekonomi Syariah (ES) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan pendaftar sebanyak 163 orang. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menempati posisi kedua dengan jumlah pendaftar 155 orang. Adapun Perbankan Syariah (PS) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menempati peringkat ketiga dengan jumlah pendaftar 137 orang. Menguntit di belakangnya adalah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan jumlah pendaftar 132 orang.
Materi yang diujikan meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Ke-Islaman yang dilaksanakan pada Selasa, 12 Agustus 2014. Adapun meteri ujian pada Rabu, 13 Agustus 2014 meliputi Matematika, IPA-IPS Terpadu dan Ujian lisan/Wawancara (Psychotest).
Skip to content