OPAK Mahasiswa Baru IAIN Tulungagung Tahun Akademik 2014/2015

Kontributor:

(Tulungagung) Pagi itu, Senin 25 Agustus 2014, ketika matahari masih enggan menampakkan diri, derap langkah kaki memasuki komplek “kawah candradimuka” IAIN Tulungagung. Berbalut pakaian merah putih, dengan caping penutup kepala, serta bendera merah putih yang berkelebat di tongkat yang dibawa, terlihat wajah-wajah sumringah meski sesekali diselimuti raut ketegangan. Ya, pagi itu kali pertama 2500 mahasiswa baru IAIN Tulungagung mulai ditempa.

Adalah Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) sebagai media awal penempaan mahasiswa baru di kawah candradimuka ini. Kegiatan yang diselenggarakan pada 25-29 Agustus 2014 itu bertajuk “Menumbuhkan Kemandirian Generasi Bangsa dengan Semangat Keilmuan”.

Di hadapan ribuan mahasiswa dan di tengah hamparan sinar matahari pagi, Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.A secara resmi membuka OPAK 2014. Ucapan selamat datang di IAIN Tulungagung disampaikan 

oleh Dr. Maftukhin mengawali sambutannya. “Kalian harus bangga menjadi mahasiswa IAIN Tulungagung, sebuah institusi pendidikan tinggi berskala nasional”, seru pria asal Pekalongan ini.

Lebih lanjut Dr. Maftukhin menegaskan bahwa IAIN Tulungagung adalah institusi yang bertujuan membentuk karakter bangsa (nation building) dengan citra diri sebagai warga negara yang baik dan cerdas (good and smart citizen), partisipatif (participative citizen), dan bertanggung jawab (responsible citizen). Wujudnya adalah karakter yang senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta membangun perdamaian abadi. Dan basisnya adalah pemahaman terhadap ilmu-ilmu ke-Islaman dengan penguasaan yang mumpuni.  “Kalian harus berada di garda depan (avant garde) dalam menjaga dan melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” tegas Dr. Maftukhin berapi-api.

Hadir dalam acara pembukaan OPAK 2014 Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, dan seluruh Dekan, serta beberapa pejabat di lingkungan IAIN Tulungagung. Hajat yang digawangi oleh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Dewan Mahasiswa Institut (DEMA-I) IAIN Tulungagung ini direncanakan berlangsung sampai Jum’at, 29 Agustus 2014. Berbagai materi pengenalan akademik dan kemahasiswaan disampaikan pada acara tersebut. Materi-materi itu menyangkut keislaman, pendidikan, kebangsaan, kemahasiswaan, wawasan Alamamater IAIN Tulungagung, dan materi penanggulangan terorisme.

Skip to content