MEMBANGUN BUDAYA MENELITI DI KALANGAN DOSEN

Kontributor:

MEMBANGUN BUDAYA MENELITI DI KALANGAN DOSEN

 

Penelitian merupakan aktivitas pokok yang harus dilakukan oleh dosen, selain pengajaran dan pengabdian masyarakat. Melakukan penelitian membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan usaha secara terus-menerus. Melalui cara semacam ini diharapkan kualitas penelitian terus meningkat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian di kalangan dosen di IAIN Tulungagung, pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 30 dan 31 Agustus 2014 LP2M mengadakan Diklat Penelitian Tingkat Advance Bidang Sosial Keagamaan. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah para peneliti profesional di bidangnya, yaitu Prof. Noorhaidi Hasan, M.A., M.Phil., Ph.D; Dekan Fakultas Hukum dan Syariah UIN Sunan Kalijaga, Jogjakarta dan Prof. Dr. Koeswinarno, M.Hum, Kepala Balai Litbang Agama Semarang.

Pada acara pembukaan, Rektor IAIN Tulungagung Dr. Mafthukin, M.Ag menegaskan agar para dosen membiasakan diri untuk meneliti dan selalu meng-up date skill dalam meneliti.Dengan demikian dosen sebagai pendidik dapat menjadikan riset sebagai habit yang pada akhirnya menghasilkan karya-karya yang berkualitas dalam skala nasional dan internasional.

Prof. Noorhaidi Hasan sebagai narasumber pada hari pertama  mengupas tentang paradigma riset, bagaimana membuat sebuah design penelitian yang proporsional, lalu bagaimana collecting data, dan research analyzing sehingga tercipta hasil akhir atau conclusion yang diharapkan. Prof. Noorhaidi menyampaikan paparannya secara santai dan memberikan baanyak pengetahuan kepada para peserta. ”Paparan Prof. Noorhaidi memberikan banyak perspektif baru yang mencerahkan”, tegas Qomarul Huda, dosen peserta pelatihan.

Pada hari kedua narasumber yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Koeswinarno, M.Hum. Kepala Balai Litbang Agama Semarang ini banyak memberikan pengalaman beliau di lapangan sebagai antropolog dan peneliti yang  karyanya telah banyak mendapatkan penghargaan di jurnal-jurnal internasional. Paparan Prof. Koeswinarno lebih aplikatif dan menjawab berbagai pertanyaan peserta berkaitan dengan pengalaman penelitian.

Berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan penelitian selama dua hari tersebut, Ketua LP2M Drs. H. Mashudi, M.Pd.I berharap agar peserta yang ikut dalam diklat mendapatkanmanfaat dan ilmu dalam bidang penelitian bidang sosial keagamaan. Lebih jauh beliau mengharapkan agar para dosen lebih bergairah untuk melakukan riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Skip to content