Rektor IAIN Tulungagung Anugerahkan Penghargaan Kepada Posdaya Berbasis Masjid di Tulungagung

Kontributor:

(Tulungagung) Hari ini, 18 Februari 2015 Rektor IAIN Tulungagung melalui Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Tulunggung memberikan anugerah bagi masjid yang dinilai berprestasi dan berhasil dalam mengembangkan program Posdaya berbasis Masjid di Kabupaten Tulungagung. Acara penganugerahan yang dilaksanakan di area perkebunan hortikultura salah seorang warga bernama Bu Nur di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol dilaksanakan dengan mengundang segenap anggota Posdaya Masjid se-Kecamatan Sumbergempol yang berjumlah 30 kelompok Posdaya.

Rektor IAIN Tulungagung melalui Ketua LP2M, Drs. H. Mashudi, M.Pd.I, menyampaikan, bahwa dengan adanya penganugerahan hari ini, Drs. Mashudi, M.Pd.I bisa memberikan motivasi kelompok Posdaya untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha yang dikelola oleh Posdaya baik itu dari hortikultura, perikanan maupun usaha yang lain.

“Karena jika program ini berjalan baik dan benar-benar produktif, maka akan dapat meningkatkan kesejahteraan jama’ah masjid, sehingga para jama’ah bisa beribadah dengan baik”, harap Mashudi.

Sementara itu, Misnan salah satu perwakilan dari kelompok Posdaya menyampaikan terimakasih atas bimbingan dari IAIN Tulungagung dalam mengembangkan program tersebut. Karena dengan difasilitasi oleh IAIN Tulungagung mereka dapat melaksanakan kegiatan produktif yang bisa menambah penghasilan yang menopang ekonomi jama’ah masjid.

“Meskipun kami tak berharap akan sebuah penghargaan, namun dengan adanya penghargaan ini kami sangat berterimakasih dan berupaya untuk lebih baik. Dan kami juga memerlukan bimbingan dari IAIN Tulungagung untuk selalu membimbing kami”, ujar Misnan.

Adapun 3 kelompok Posdaya yang mendapatkan penghargaan antara lain; Posdaya Baitur Rokhim Desa Sumberdadi sebagai Juara Pertama, Posdaya Masjid Nurul Hidaya Desa Sambirobyong dan Masjid Desa Doroampel sebagai juara Kedua dan Ketiga.

Seusai acara penyerahan penghargaan pada hari ini juga dilakukan pengisian form keanggotaan bagi Posdaya yang ada di Kecamatan Sumbergempol dengan dibimbing personil dari LP2M IAIN Tulungagung. Hal ini untuk dilakukan pendataan secara detail yang kemudian akan dimasukkan ke aplikasi database Posdaya guna mempermudah pengelolaan Posdaya ke depan.

Skip to content