IAIN Tulungagung Terima Visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)

Kontributor:

(Tulungagung) Hari ini, Senin, 23 Maret 2015 untuk pertama kalinya IAIN Tulungagung menerima visitasi akreditasi institusi perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim Asesor BAN-PT tersebut terdiri atas; Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M.Eng. dari Universitas Hasanudin Makasar, Prof. Dr. Ir. Mulyono S. Baskoro, M.Sc. dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr.Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA. dari Universitas Sriwijaya serta Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A. dari Universitas Negeri Padang.

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutannya pada acara pembukaan yang dihadiri segenap sivitas akademika serta berbagai unsur dan stakeholder yang menjalin kerjasama dengan IAIN Tulungagung mengatakan, bahwa dengan adanya visitasi ini nantinya benar-benar diketahui sejauh mana upaya IAIN Tulungagung dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat dan juga terkait pengembangan lembaga.

“Dengan adanya visitasi ini, para asesor akan menilai setiap hal yang berkaitan dengan IAIN Tulungagung apakah sudah sesuai dengan standar mutu dan juga akan memberikan evaluasi atas apa yang menjadi kekurangannya”, kata Dr. Maftukhin, M.Ag.

Setelah acara pembukaan yang cukup singkat, para asesor membuka diskusi dengan beberapa elemen yang dihadirkan oleh pihak IAIN Tulungagung yang mana terbagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama yang mana mereka berdiskusi dengan para pimpinan yang ada di IAIN Tulungagung, mulai dari rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, hingga kepala jurusan dan wakilnya, sesi kedua para asesor berdiskusi dengan para stakeholder dan alumni, sesi ketiga dengan para mahasiswa, sesi keempat dengan para dosen atau tenaga pengajar dan sesi terakhir dengan pejabat-pejabat struktural.

Pada kesempatan diskusi tersebut, beberapa aspek menjadi perhatian oleh asesor  BAN-PT yang pertama adalah pentingnya sinkronisasi seluruh data dari seluruh unit kerja IAIN Tulungagung menggunakan sistem yang terintegrasi. Data yang sinkron menjadi dasar setiap pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap hirarki organisasi IAIN Tulungagung. Yang kedua adalah pentingnya percepatan dalam peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen IAIN Tulungagung untuk mendukung visi IAIN Tulungagung.

Intinya visitiasi AIPT ini merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) serta sebagai upaya untuk menjaga kredibilitas IAIN Tulungagung kepada stakeholders. Selain itu, proses akreditasi juga untuk memenuhi beberapa undang-undang dan peraturan yang berlaku, antara lain: UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Nomor 17 dan 66 tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Permendiknas No. 63 tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Selesai melakukan diskusi dengan berbagai unsur, selanjutnya BAN-PT meninjau fasilitas serta sarana dan pra sarana yang ada di IAIN Tulungagung. Adapun visitasi ini rencananya akan selesai pada besok hari Selasa, 24 Maret 2015.

Skip to content