SPMB Jalur Mandiri IAIN Tulungagung diikuti 824 Calon Mahasiswa

Kontributor:

(Tulungagung) Selasa, 11 Agustus 2015 IAIN Tulungagung melaksanakan Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri. Sebagaimana yang dijadwalkan SPMB Jalur Mandiri tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari hingga Rabu, 12 Agustus 2015.

Panitia SPMB Jalur Mandiri menyatakan meskipun sudah banyak mahasiswa baru yang sudah diterima melalui jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN namun ternyata minat calon mahasiswa untuk masuk ke IAIN Tulungagung masih cukup besar. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah SPMB Jalur Mandiri yang diikuti oleh 824 calon mahasiswa baru.

Dilihat dari minat calon mahasiswa baru dalam memilih jurusan yang ada di IAIN Tulungagung dalam SPMB Jalur Mandiri ini, adalah dua jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang paling banyak diminati. Dua dari tiga jurusan di FEBI yang paling diminati adalah Ekonomi Syariah (ES) 199 orang dan diikuti oleh Perbankan Syariah (PS) dengan jumlah 144 orang. Sementara Akuntansi Syari’ah yang merupakan jurusan baru terdapat 16 orang peserta.

Setelah dua jurusan di FEBI tersebut menyusul di belakangnya Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan jumlah 122 peserta di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK). Menguntit di belakang PAI ada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan jumlah peserta 74 orang peserta. Dan selanjutnya Tadris Matematika (TMT) sebanyak 57 orang peserta serta Tadris Bahasa Inggris (TBI) sebanyak 44 orang peserta.

Sementara itu disinggung mengenai eksistensi jurusan-jurusan baru yang dibuka pada tahun ini, Panitia SPMB Jalur Mandiri 2015 menyatakan, bahwa dari 9 jurusan baru yang dibuka pada tahun ini di IAIN Tulungagung, adalah jurusan-jurusan umum yang paling banyak diminati, yakni Tadris Biologi dan Tadris Bahasa Indonesia, yakni masing-masing terdapat 21 orang peserta.

Adapun ujian meliputi materi-materi antara lain: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Ke-Islaman, Matematika, IPA-IPS Terpadu, dan juga ujian lisan. Sedangkan hasil SPMB akan diumumkan melalui website IAIN Tulungagung pada hari Jum'at, 14 Agustus 2015.(humas)

Skip to content