IAIN Tulungagung Tanda Tangani MoU Beasiswa GENBI dengan BI

Kontributor:

(Tulungagung) Senin Pagi, 24 Agustus 2015 tampak suasana di IAIN Tulungagung sedikit berbeda dari hari-hari biasanya, karena tampak mahasiswa beratribut merah dan putih dengan membawa bendera merah putih berbaris rapi di bawah panas matahari pagi musim kemarau kali ini. Tampak sedikit raut ketegangan menyelimuti mereka. Ya, para mahasiswa tersebut adalah mahasiswa baru yang mengikuti Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) sebagai media awal penempaan mahasiswa baru di kawah candradimuka IAIN Tulungagung.

Di hadapan sejumlah 3080 mahasiswa baru, Presiden DEMA-I IAIN Tulungagung dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dunia mahasiswa di kampus tidak sama dengan di SMA. Sebagai mahasiswa tidak lagi hanya belajar di dalam ruang kelas setelah itu pulang, melainkan juga harus peka terhadap kondisi sosial masyarakat.

“Sebagai mahasiswa kita harus memiliki naluri untuk selalu peduli dengan kondisi sosial, dan juga harus bisa mengambil sikap dan berbuat serta memiliki kontribusi terhadap kemajuan masyarakat, dan itulah kenapa kita mengambil tema “Rekonstruksi Pola Pikir Mahasiswa Menuju Bangsa yang Berkeadilan””, ujar Presiden DEMA-I IAIN Tulungagung.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Tulungagung, Dr. Nur Effendi, M.Ag. dalam sambutannya menyatakan, bahwa diharapkan para mahasiswa baru untuk benar-benar serius dalam mengikuti OPAK. Karena dalam OPAK akan diperkenalkan bagaimana dunia kampus serta bagaimana menjalani pendidikan di IAIN Tulungagung.

“Sebisa mungkin, kalian harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan OPAK, karena tidak hanya menyiapkan anda untuk bisa mengikuti segala proses pendidikan di IAIN Tulungagung saja, namun juga nantinya, sudah menjadi kesepakatan bahwa salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa adalah dengan menunjukkan sertifikat OPAK. Akhirnya, saya ucapkan selamat berjuang dan semoga sukses!”, kata Wakil Rektor III menutup sambutannya dengan penuh semangat.

Hadir dalam acara pembukaan OPAK 2015 para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, dan seluruh Dekan, serta beberapa pejabat di lingkungan IAIN Tulungagung. Hajat yang digawangi oleh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Dewan Mahasiswa Institut (DEMA-I) IAIN Tulungagung ini direncanakan berlangsung sampai Sabtu, 29 Agustus 2014. Berbagai materi pengenalan akademik dan kemahasiswaan disampaikan pada acara tersebut. Materi-materi itu menyangkut keislaman, pendidikan, kebangsaan, kemahasiswaan, wawasan Alamamater IAIN Tulungagung, dan materi penanggulangan terorisme.(humas)

Skip to content