KSR PMI Gelar Bakti Praja 2015 di Kampus IAIN Tulungagung

Kontributor:

(Tulungagung) Ada pemandangan lain di dalam kampus IAIN Tulungagung sejak pagi pada Jum’at, 11 September 2015, tampak ada tenda-tenda kecil juga tongkat-tongkat yang dirakit menjadi semacam pintu gerbang serta ada juga lalu lalang siswa-siswi setingkat SMA yang nampak sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Ya, ternyata itu adalah persiapan Lomba Kreativitas Palang Merah Remaja Wira atau biasa disebut dengan Bakti Praja Wira yang ke-6 yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit IAIN Tulungagung.

Lomba Palang Merah Remaja yang digelar dua tahunan tersebut diikuti oleh 19 Palang Merah Remaja SMA/SMK/MA yang ada di Jawa Timur dan dibuka oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tulungagung, Drs. Winarto, MM, pada Jum’at Siang, 11 September 2015.

Menurut Pembina KSR-PMI Unit IAIN Tulungagung, Dede Nurrohman, M.Ag., kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjalin silaturrahmi antar PMR dari sekolah-sekolah yang menjadi peserta Bakti Praja. Selain itu juga dimaksudkan untuk menciptakan sebuah iklim kompetisi yang bisa memotivasi para peserta untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitasnya dalam kepalang merahan.

“Tentu harapannya adalah supaya mereka menjadi sukarelawan-sukarelawan yang bisa diandalkan ke depannya”, imbuh Pembina KSR-PMI Unit IAIN Tulungagung yang juga Dekan FEBI IAIN Tulungagung tersebut.

Sementar itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tulungagung, Drs. Winarto, MM, seusai upacara pembukaan kepada humas IAIN Tulungagung mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi positif kegiatan Bakti Praja tersebut. Karena dengan adanya kegiatan tersebut bisa menambah pengalaman dan keterampilan bagi para siswa siswi SMA dan sederajat sebagai relawan PMI.

“Dan jika nantinya mereka masuk ke perguruan tinggi, terutama di IAIN Tulungagung, diharapkan mereka bisa bergabung dengan Korps Sukarela PMI, sehingga generasi-generasi relawan PMI akan terus bermunculan dan mengambil peran dalam kegiatan kemanusiaan, terutama ketika terjadi bencana alam atau keadaan darurat lainnya”, kata Ketua PMI Cabang Tulungagung yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung tersebut.

Disinggung mengenai keberadaan dan kontribusi KSR-PMI Unit IAIN Tulungagung bagi PMI, pihaknya mengaku bangga, karena KSR-PMI Unit IAIN Tulungagung selama ini bisa menjadi motor penggerak atas keberadaan KSR di Kabupaten Tulungagung.

“Memang dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Tulungagung semuanya memiliki KSR, namun KSR-PMI Unit IAIN Tulungagung boleh dibilang paling istimewa, karena berhasil menyumbang banyak sumber daya manusia yang dapat mendukung kinerja PMI”, kata Drs. Winarto, MM.

Adapun pembukaan Bakti Praja ke-6 tersebut juga dihadiri segenap sivitas akademika IAIN Tulungagung, perwakilan dari kepolisian dan juga TNI. Upacara juga dimeriahkan dengan penampilan reog kendang dari IAIN Tulungagung. Sesuai dengan jadwal, rencananya Bakti Praja ke-6 tersebut akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 13 September 2015. (humas)

Skip to content