IAIN Tulungagung Berangkatkan 1296 Mahassiwa KKN 2016

Kontributor:

(Tulungagung), Senin, 18 Juli 2016 lapangan IAIN Tulungagung riuh tak seperti biasanya. Sejak pagi sejumlah 1296 mahasiswa sudah antusias berkumpul memadati lapangan dengan memakai atribut jas almamater. Mereka adalah para mahasiswa yang akan dilepas terjun ke masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2016.

Tahun ini, IAIN Tulungagung—melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)-memilih lokasi “kawah candradimuka” di dua Kabupaten: Tulungagung dan Blitar. Di Tulungagung diambil dua Kecamatan: Tanggunggunung dan Pucanglaban sedangkan di Blitar diambil dua Kecamatan kawasan selatan: Wonotirto dan Bakung.

Tak kurang dari 70 dosen pendamping lapangan (DPL) dan pejabat kampus ikut menghadiri dalam prosesi pelepasan. Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., dalam sambutannya memberikan beberapa petuah kepada mahasiswa. Rektor mewanti-wanti agar para mahasiswa tidak lupa menjaga nama baik almamater karena bagaimanapun mereka membawa nama kampus.

Dalam kesempatan tersebut Rektor juga kembali menegaskan bahwa IAIN Tulungagung mengemban misi sebagai kampus dakwah dan peradaban maka sebisa mungkin mahasiswa harus mampu menunjukkan citra tersebut kepada masyarakat.

Di akhir sambutannya, rektor mengatakan bahwa mahasiswa yang cerdas bukan hanya yang memiliki prestasi akademik bagus, melainkan juga yang mampu berbaur dan memahami masyarakat sekitarnya. Apalagi di masa sekarang yang mana persoalan-persoalan di masyarakat semakin kompleks dalam berbagai sisi kehidupan. Maka dari itu seyogyanya mahasiswa peserta KKN bisa memberikan jawaban-jawaban atas persoalan tersebut sesuai dengan ilmu yang dimilikinya.

“Ingat kecerdasan mahasiswa bukan hanya dilihat dari seberapa bagus IPK nya melainkan juga bagaimana ia bisa menjadi bagian dari masyarakat karena pada akhirnya mereka akan kembali menjadi bagian dari masyarakat yang heterogen,” tegas rektor. (lp2m for humas)

Skip to content