IAIN Tulungagung Wisuda 1103 Sarjana dan Magister

Kontributor:

Tulungagung – IAIN Tulungagung kembali mewisuda sarjana dan magister lulusannya pada tahun 2016 ini. Prosesi wisuda yang berlangsung pada Sabtu (13/08) pagi di Kampus IAIN Tulungagung tersebut adalah merupakan wisuda Sarjana (S-1) dan Magister (S-2) yang ke-3 setelah alih status dari STAIN Tulungagung menjadi IAIN Tulungagung. Adapun jumlah total yang diwisuda adalah 1103 wisudawan di mana 172 di antaranya merupakan wisudawan Magister dari Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Hadir dalam acara wisuda, segenap pejabat dan karyawan serta wali mahasiswa serta para tamu undangan dari beberapa instansi pemerintah maupun swasta yang ada di Eks Karesidenan Kediri.

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa wisuda kali ini adalah wisuda dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah IAIN Tulungagung. Dia berharap setelah diwisuda para mahasiswa IAIN Tulungagung bisa kembali ke masyarakat untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka dapat di IAIN Tulungagung selama ini. Selain itu, diharapkan mereka juga mengembangkan ilmu mereka atau bila memungkinkan untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Rektor juga mengatakan, bahwa sebenarya ada pertanyaan yang terkesan sepele namun mengandung makna sangat mendalam ketika seorang mahasiswa telah menyelesaikan studinya. “Apakah anda tamatan ataukah lulusan Pascasarjana IAIN Tulungagung ini? Karena kriteria tamat dan lulus itu sebetulnya sangat berbeda”, kata Rektor.

Menurut rektor, jika tamatan, barangkali semua mahasiswa asalkan menyelesaikan studi sesuai dengan prosedur dan prosesnya maka sudah bisa disebut tamatan, namun lulusan tidak hanya sekedar menyelesaikan studi, namun juga mampu dan benar-benar memiliki keahlian di bidang yang ditekuni. Selain itu bisa disebut lulusan jika para magister tamatan IAIN Tulungagung ini benar-benar tahu dan bisa melakukan sesuatu yang dibutuhkan pengguna.

“Dan jangan lupa, bahwa kalian juga harus bisa untuk meningkatkan tradisi tulis menulis, karena selama ini perkembangan ilmu pengetahuan tak lepas dari dunia tulis menulis. Jangan sampai lulusan IAIN Tulungagung ketinggalan dalam hal ini, sebagai bentuk kontribusi dalam perjuangan kebangkitan peradaban Islam serta membuktikan bahwa IAIN Tulungagung benar-benar adalah kampus dakwah dan peradaban Islam.”, pesan Rektor kepada seluruh wisudawan.

Dalam kegiatan wisuda tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada para wisudawan terbaik masing-masing jurusan dan juga wisudawan terbaik secara umum pada Program Sarjana (S-1) dan juga Program Magister (S-2).(humas)

Skip to content