Wisuda ke-4, IAIN Tulungagung Mewisuda 340 Sarjana dan Magister

Kontributor:

Tulungagung – Sabtu pagi (22/04/2017) IAIN Tulungagung kembali menggelar wisuda sarjana dan magister. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini IAIN Tulungagung sudah menggelar wisuda pada bulan April, karena wisuda tahun 2017 akan digelar dua kali. Adapun wisuda dilaksanakan di halaman kampus IAIN Tulungagung.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., menyampaikan bahwa, wisuda ke-4 ini diikuti oleh 340 wisudawan dari semua jurusan program sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2).

Kepada segenap wisudawan, wali wisudawan dan juga tamu undangan, Rektor juga menyampaikan mengenai berbagai perkembangan yang dicapai oleh IAIN Tulungagung. Saat ini, IAIN Tulungagung memiliki 33 Program Studi untuk jenjang S-1, 8 program studi untuk jenjang S-2, dan 2 program Studi untuk Jenjang S-3. Minat mahasiswa untuk kuliah di IAIN Tulungagung pun melonjak drastis. Pada tahun akademik 2016-2017, mahasiswa IAIN Tulungagung tercatat sejumlah 11.942 mahasiswa.

“Namun dengan perkembangan tersebut kami tidak mau terlena, berbagai upaya tetap kami lakukan untuk menjadikan IAIN Tulungagung menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri yang lain”, kata Rektor.

Upaya-upaya tersebut antara lain menjalin kersama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta melalui penandatanganan MoU atau nota kesepahaman. Adapun kerjasama tersebut dilakukan dalam berbagai bidang untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan mahasiswa, sekaligus sebagai bentuk kontribusi IAIN Tulungagung atas berbagai bidang ilmu yang dikembangkan.

“Kami juga mengembangkan pola rekrutmen mahasiswa, yakni dengan diselenggarakan seleksi nasional bersama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang lain yakni SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Selain itu juga kami buka Jalur Mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh IAIN Tulungagung”, terang Rektor.

Tiga jalur penerimaan mahasiswa tersebut menunjukkan betapa masuk ke IAIN Tulungagung semakin kompetitif. Hal ini menunjukkan IAIN Tulungagung semakin diperhitungkan oleh masyarakat. Di sisi lain, kondisi ini semakin melecut semangat kami guna terus mengembangkan IAIN Tulungagung.

Kepada segenap wisudawan Rektor berpesan supaya mereka segera mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia profesional sesuai bidang ilmu masing-masing. Rektor juga berpesan supaya mereka juga bisa berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

“Masyarakat tidak akan memandang jurusan apa anda. Tahu mereka anda adalah seorang sarjana. Anda adalah seorang alumni perguruan tinggi Islam, maka anda harus siap menghadapi tuntutan tentang peran anda dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama”, kata Rektor.

Di akhir sambutannya, Rektor mengucapkan terimakasih kepada para orang tua wali yang telah memberikan kepercayaan untuk mendidik putra-putri mereka hingga berhasil di wisuda saat ini. Dan dengan terlaksananya wisuda tersebut, Rektor secara kelembagaan mengembalikan putra-putri mereka selepas menyelesaikan studinya di IAIN Tulungagung.

Hadir dalam acara wisuda segenap undangan yang terdiri atas wali mahasiswa, tokoh masyarakat, perwakilan dari instansi pemerintah dan swasta. Adapun Bupati Tulungagung tidak bisa hadir dan diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tulungagung, Drs. Mohammad Mafachir, M.M.. (humas)

Skip to content