IVO IAIN Tulungagung Juarai Festival Paduan Suara PTKIN

Kontributor:

Jember – Ternyata tak berlebihan jika dalang multitalenta Ki Sujiwo Tejo menyanjung IVO IAIN Tulungagung saat tampil mengiringinya dalam gelaran Mengaji Indonesia di IAIN Tulungagung beberapa waktu lalu. Ya, dengan terang-terangan pria yang kerap disapa Mbah Jiwo itu menyebut IVO sebagai group paduan suara terbaik yang menjadi pengiringnya selama tiga tahun terakhir. Dan pujian itu dijawab dengan prestasi oleh IVO dengan menyabet Juara 1 gelaran Paduan Suara Mahasiswa PTKIN Se-Indonesia di IAIN Jember pada 12 – 13 September 2018.

Menurut salah satu personil IVO, Nilam Maharani, bahwa dalam festival tersebut mereka diperkuat oleh tim yang beranggotakan 23 orang, dengan 1 official. Sebagaimana ketentuan dari panitia dalam technical meeting, masing-masing peserta harus menyanyikan lagu wajib Hymne IAIN Jember dan satu lagu pilihan Cublak-Cublak Suweng.

Nilam pun juga mengakui, bahwa keikutsertaan mereka dalam festival tersebut merupakan satu tantangan tersendiri. Meski terbiasa tampil untuk mengisi acara ceremonial tertentu, namun menurutnya atmosfirnya terasa cukup berbeda. Karena ini adalah sebuah kompetisi yang mana semua peserta dituntut untuk bersaing.

Ditanya mengenai pesaing, Nilam menyebut IAIN Cirebon adalah yang paling berat. Menurutnya pengamatannya ada beberapa kelebihan yang dimiliki IAIN Cirebon.

“Mereka juga tampil all out, dengan koreografi yang bagus saat menyanyikan lagu, tapi tidak kehilangan not atau goyah suaranya”, kata Nilam saat dihubungi melalui pesan elektronik.

Namun, meski sempat pesimis Nilam dan tim akhirnya bersyukur, karena juri memilih mereka untuk jadi yang terbaik sehingga menjadi juara pertama. Adapun juara kedua diraih oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon sedangkan juara ketiga diraih tim B dari tuan rumah IAIN Jember. (humas)

Skip to content