Sekjend Kemenag Berangkatkan Peserta KKN IAIN Tulungagung 2019

Kontributor:

Tulungagung – Senin siang (10/01/2019), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung memberangkatkan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung 2019 gelombang pertama.

Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin, dalam sambutannya dalam acara yang dirangkai dengan acara pembinaan ASN tersebut mengatakan, bahwa KKN IAIN Tulungagung tahun 2019 ini dilaksanakan beberapa gelombang dan pada gelombang pertama ini sejumlah 1.963 mahasiswa.

“Jumlah tersebut adalah terbesar sepanjang sejarah IAIN Tulungagung, karena jumlah peserta KKN selalu bertambah dari tahun ke tahun seiring terus meningkatkan jumlah mahasiswa IAIN Tulungagung setiap tahunnya,” kata Rektor.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M), Ngainun Na’im menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN gelombang pertama pada tahun ini ditempatkan di 5 kecamatan dari 2 kabupaten, yakni Kecamatan Sendang di Kabupaten Tulungagung serta Kecamatan Gandusari, Kesamben, Doko dan Nglegok di Kabupaten Blitar.

“Untuk KKN kali ini kami mengambil tema “Membangun Indonesia dari Desa”,” tambah Ngainun Na’im.

Sebelum prosesi pemberangkatan, Sekjend Kemenag RI mewanti-wanti kepada segenap mahasiswa peserta KKN untuk tidak salah langkah di tempat KKN, karena saat ini adalah merupakan tahun politik, yakni pemilihan umum daerah sampai kepala negara di tahun 2019 ini. Jadi pelaksanaan KKN 2019 dilaksanakan bersyarat bagi seluruh mahasiswa KKN IAIN Tulungagung, yakni menghindari keterlibatan mahasiswa terhadap kegiatan masyarakat yang mengandung unsur politik dalam bentuk apapun. Mahasiswa peserta KKN diharapkan pandai dalam bersikap dan fokus pada pengabdian kepada masyrakat.

Sekjend juga berharap, supaya para peserta KKN menjaga sikap terhadap antar umat beragama juga harus bisa menjadi contoh kepada masyarakat lainnya, mempertahankan azas pada pancasila pada sila ke-1 dan ke-3 yakni Ketuhanan Yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia. Dengan begitu mahasiswa yang menjadi peserta KKN tidak mudah masuk dalam permasalahan apapun didalam menjalankan program KKN di gelombang pertama ini.

Adapun prosesi pemberangkatan KKN IAIN Tulungagung 2019 dilaksanakan dengan pengalungan kartu tanda peserta KKN kepada dua perwakilan peserta KKN oleh Sekjend Kemenag RI, H.M. Nur Kholis Setiawan. (lp2m/humas/sin)

Skip to content