Tim Bolavoli Putri IAIN Tulungagung Juara 3 Gama Cup IV

Kontributor:

Yogyakarta – Tim Bolavoli putri IAIN Tulungagung berhasil merebut tempat ke-3 dalam Turnamen Bolavoli Gama Cup IV yang berlangsung pada Sabtu (26/10/2019) di Gelanggang Kemahasiswaan UGM. Dhea dan kawan-kawan berhasil mengalahkan tim STIE Nusantara Yogyakarta dengan skor 3-2 dalam pertarungan yang berlangsung selama 90 menit. Berada dalam posisi underdog tim IAINTA mengawali set pertama dengan buruk. Mereka tertinggal 0-4, hingga rehat pertama kedudukan 3-8. Selanjutnya pertandingan berlangsung menarik. Saling mengejar angka terjadi hingga kedudukan 12-12 sebelum ditutup 16-15 pada paruh set pertama. Dengan kekompakan tim yang sudah terjalin, Dhea dan kawan-kawan berhasil menyelesaikan set ini dengan 25-22.

Di set kedua, kembali start buruk dilakukan tim yang berada dalam wadah UKM bakat Minat ini. Tertinggal 2-7 berhasil menyamakan 9-9 hingga akhirnya membalikkan keadaan dengan 16-11. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, Tim yang sudah 3 kali Juara I Pionir itu terus melaju hingga men utup set kedua dengan 25-21

Dituntut harus menang, Tim STIENUS melakukan perubahan dengan memasukkan Siti, open spiker dengan postur yang cukup tinggi. Masuknya pemain bernomor punggung 12 itu membuat kepercayaan diri kawan-kawannya makin meningkat. Langsung unggul 0-4 di awal set ketiga, mereka menjauh 1-8. Dhea dan kawan-kawan berusaha mengimbangi permainan tim lawan. Smes-smes tajam dilakukan tim STIENUS membombardir pertahanan tim IAINTA yang digalang oleh Cici, Candra, dan Fitri. Angka terus bertambah hingga kedudukan 10-16. Merasa berat untuk memenangkan pert set ini, Pelatih M. Fatkhur Rohman melakukan perjudian dengan memasukkan 3 pemain sekaligus. Masuknya Meme, Rinanda dan Tri tidak dapat menolong dari kekalahan di set ketiga dengan 16-25.

Di set ke-empat, tim IAINTA tidak berhasil mengubah keadaan. Tertinggal 2-5 di awal set, Dhea dan kawan-kawan berhasil menyamakan skor 5-5. Namun dengan ketenangannya tim lawan kembali meninggalkan perolehan angka menjadi 7-16. Sadar sulit untuk mengejar ketertinggalan, pelatih M. Fatkur kembali memasukkan Elin, Rinanda, Tri, Meme sekaligus. Tetapi pergantian ini tidak dapat mengubah keadaan hingga tim IAINTA harus mengakui keunggulan tim SIENUS dengan angka telak 12-25.

Di set penentuan, dengan segala kemampuan yang masih tersisa, Dhea dan kawan-kawan berusaha bangkit. Sempat alot di awal set hingga kedudukan 9-8, tim IAINTA berhasil menambah keunggulan hingga 12-8. Tim lawan berhasil menambah 3 angka angka sebelum set penentuan ini menangkan IAINTA dengan skor 15-11.

Pembina UKM Bakat Minat, Ahmad Fauzi, mengatakan "Hasil ini diluar ekspektasi awal karena diantara semifinalis lainnya tim IAIN Tulungagung dianggap underdog. Tapi dengan semangat pantang menyerah ingin memberikan yang terbaik bagi almamater, sebagaimana pesan Kabiro AUAK, Samsi menjelang pertandingan, anak-anak bermain seperti punya nafas dan tenaga yang gak bisa habis. Semangat ini yang menghantarkan tim IAIN Tulungagung meraih juara 3 dalam keikutsertaan perdananya turnamen Gama Cup ini".(humas/sin)

Skip to content