Rektor Lantik Pengurus DEMA, UKM, UKK dan Komunitas Mahasiswa

Kontributor:

Tulungagung – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungaggung, Maftukhin hari ini (27/01/2020) melantik secara serentak pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Komunitas Mahasiswa Intra Kampus. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 6 Gedung KH Arief Mustaqiem dan dihadiri segenap pejabat dan pembina organisasi intra kampus di lingkungan IAIN Tulungagung.

Pelantikan pengurus organisasi kemahasiswaan (ormawa) tersebut dilaksanakan dengan upacara yang sederhana namun khidmat. Dalam prosesi tersebut pengurus ormawa diambil sumpahnya untuk mengemban amanat dalam menjalankan roda masing-masing organisasi yang mereka kelola.

Setelah prosesi dan pengambilan sumpah selesai Rektor memberikan pengarahannya. Dalam pengarahan tersebut Rektor meminta agar setelah dilantik, semua pengurus untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya untuk kemajuan organisasi masing-masing.

“Jangan seperti pepatah, manuk glathik cucuk e biru, bar dilantik penggawehane turu (burung gelatik paruhnya biru, setelah dilantik kerjanya tidur melulu)” kata Rektor.

Lebih lanjut rektor menegaskan, bahwa di era saat ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk belajar saja, melainkan juga harus peka dan siap menghadapi perubahan yang begitu cepat. Karena dalam perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini semua dituntut cepat untuk memenangkan persaingan.

Mengutip yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, bahwa Indeks Prestasi (IP) yang baik bukan jaminan kesuksesan di masa depan, Maftukhin berharap supaya para mahasiswa mengasah potensi yang dimiliki. Pasalnya dengan begitu, mereka akan memiliki kompetensi yang kelak bisa diandalkan. Termasuk dalam pengelolaan organisasi seperti ormawa yang mereka kelola.

“Organisasi itu hanya instrument atau alat, tapi jika kalian bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengasah diri maka bukan tidak mungkin ini akan menjadi salah satu faktor kesuksesan kalian setelah lulus nanti. Karena hanya mereka yang memiliki kompetensilah yang akan mampu memenangkan persaingan,” terang Rektor.

Lebih lanjut Rektor juga menyebut beberapa figur terdahulu dari kampus IAIN Tulungagung yang telah menjadi orang besar di bidangnya. Antara lain beberapa figur di Mabes TNI yang berasal dari Menwa IAIN Tulungagung, serta beberapa figur media nasional yang merupakan alumni Dimensi. Rektor berharap di semua organisasi kemahasiswaan yang ada di IAIN Tulungagung bisa berkiprah di kancah nasional sebagaimana bidangnya masing-masing.

“Saudara harus menjadi influencer dalam segala hal. DEMA IAIN Tulungagung harus memberikan warna dan pengaruh kepada DEMA se-Indonesia,” kata Rektor memotivasi. (humas/sin)

Skip to content