Antisipasi Corona, Kantor Imigrasi Bersama Dinkes Periksa Mahasiswa Asing IAIN Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Merebaknya wabah virus Corona di Wuhan, Tiongkok mendorong pihak Kantor Imigrasi Kelas II Blitar melakukan pemeriksaan kepada ratusan mahasiswa asing yang ada di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung pada Kamis pagi (13/02/2020). Dalam hal ini mereka bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Blitar, Andika Pandu Kurniawan mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantau apakah ada mahasiswa asal luar negeri di IAIN Tulungagung yang baru melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena menurutnya, mereka yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri dikhawatirkan terpapar virus corona.

“Jika diantara mereka memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terpapar korona maka pihak imigrasi akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.” kata Pandu.

Sementara itu dari Kasi Survailens dan Imunisasi Dinkes Tulungagung, Satrio Wibowo mengatakan, bahwa setelah pengecekan terhadap 106 mahasiswa asal Thailand tersebut rata-rata dalam kondisi normal. Suhu badan mereka rata-rata 35 derajat celsius sampai 36 derajat celsius. Namun demikian ada 1 orang mahasiswa yang delapan hari terakhir baru pulang dari Thailand. Oleh karenanya perlu dilakukan pengawasan.

“Kondisinya sampai saat ini sehat dan tidak terdeteksi memiliki gejala medis seperti pasien korona. Tapi kami minta untuk segera melapor jika dalam beberapa hari terakhir mengalami gejala seperti flu, batuk, atau demam,” ujarnya. (humas/sin)

Skip to content