Hari Pertama Ujian Online, UM-PTKIN di IAIN Tulungagung Berjalan Lancar

Kontributor:

Tulungagung – Hari pertama pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang di gelar pada Senin (03/08/2020) di IAIN Tulungagung berjalan lancar. Digelar secara online, pelaksanaan ujian tersebut dilakukan sebanyak tiga sesi sebagaimana jadwal yang telah ditentukan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Abd. Aziz mengatakan, bahwa ujian hari ini diikuti oleh 1.080 peserta. Peserta tersebut dibagi menjadi 3 sesi dengan masing-masing sesi ada 18 ruang di mana dari masing-masing ruang tersebut terdapat 20 peserta yang diawasi oleh penanggungjawab ruang secara online.


Ditanya mengenai tingkat kehadiran peserta pada hari pertama pelaksanaan UM-PTKIN secara online ini, Abd. Aziz menyampaikan bahwa dari 1.080 peserta tersebut ada 64 peserta yang tidak hadir atau melakukan login ke aplikasi. Selain itu, dari sekian peserta yang login tersebut ada 4 peserta yang didiskualifikasi karena tidak mematuhi tata tertib yang berlaku. Diskualifikasi tersebut dilakukan setelah mereka mendapatkan teguran dari penanggungjawab ruang sampai tiga kali namun tidak mengindahkannya.

“Alhamdulillah ada 94 persen dari peserta yang dijadwalkan hari ini bisa hadir atau login untuk mengikuti ujian,” kata Abd. Aziz.

Selain itu Abd. Aziz juga berharap supaya untuk pelaksanaan ujian sesi berikutnya juga bisa berjalan lancar dan peserta bisa maksimal. Dia juga menghimbau kepada para peserta yang akan mengikuti sesi berikutnya untuk betul-betul mempersiapkan diri terkait materi maupun perangkat ujian yang diperlukan.

“Pastikan perangkat dan jaringan internet kalian dalam kondisi prima. Dan tak kalah penting, mohon untuk mentaati tata tertib yang berlaku sehingga tidak didiskulaifikasi oleh panitia.” katanya.


Seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN ini secara keseluruhan diikuti oleh 4.238 peserta yang akan berlangsung selama 4 hari mulai 3 Agustus 2020 hingga 6 Agustus 2020. Sebelumnya telah dilakukan simulasi ujian pada tangal 23 s.d. 29 Juli 2020 untuk memastikan kelancaran proses ujian, mulai dari kelengkapan perangkat sampai kelancaran jaringan internet.(sin/lil)

 

Skip to content