Seorang Pendeta Diwisuda sebagai Magister Agama di IAIN Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Ada hal yang unik dalam wisuda ke-27 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, karena ada seorang pendeta Kristen yang menjadi peserta wisuda di perguruan tinggi keagamaan Islam. Dia adalah Ruslan Suprapto yang lulus dengan gelar Magister Agama dari Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Dari pengakuannya, Ruslan Suprapto adalah merupakan putra kedua dari empat bersaudara dengan Bapak beragama Islam dan Ibu beragama Kristen. Dan semua saudara kandunganya beragama Kristen. Pria kelahiran 19 September 1956 ini sejak sekitar tahun 1982 mengaku menjadi pendeta di Gereja Kristen Abdiel Anugerah Tulungagung.


Ditanya mengapa kuliah di Pascasarjana IAIN Tulungagung dan mengambi program studi AFI, Ruslan mengaku memang gemar untuk belajar dan menuntut ilmu. Dan di IAIN Tulungagung dia tertarik dengan jurusan tersebut karena ingin menambah hasanah keilmuannya setelah sebelumnya dia pernah menyelesaikan S-1 jurusan hukum di Malang dan S-1 jurusan pendidikan di Jakarta.

Sementara itu, ketika ditanya tentang bagaimana kesan selama mengikuti studi di Pascasarjana IAIN Tulungagung, dia mengaku tidak mengalami kendala dalam hal pergaulan. Menurutnya selama di IAIN Tulungagung dia merasa baik-baik saja.

“Kesan rahmatan lil alamin-nya begitu terasa di IAIN Tulungagung ini, jadi tidak ada masalah meski teman-teman dan dosen semua beragama Islam.” kata Ruslan.

Sementara itu Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin, saat ditemui secara terpisah mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi positif dengan adanya pendeta Kristen yang mau menjalani studi di IAIN Tulungagung sebagaimana Ruslan Suprapto.

“Semoga ini juga bisa memotivasi mereka yang non muslim untuk kuliah di IAIN Tulungagung,” kata Rektor. (sin)

 

Skip to content