Direktur KSKK Madrasah Beri Hadiah iPad untuk Kajur Manajemen Dakwah

Kontributor:

Tulungagung – Direktur Kurikulum Sarana dan Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Umar, menyerahkan hadiah berupa iPad Apple kepada Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Rizqon Khamami. Hadiah tersebut diserahkan secara simbolik oleh perwakilan Direktorat KSKK Madrasah, Yulis Agustin pada Selasa (09/03/2021) di Kantor Dekan FUAD IAIN Tulungagung. Hadiah tersebut ditujukan kepada Ketua Jurusan Manajemen Dakwah, Nur Cholis atas prestasi yang telah diraih, yakni menjadi penulis dan reviewer buku ajar madrasah yang telah dilaunching secara nasional pada laman https://madrasah2.kemenag.go.id/buku/.

Wakil Dekan III FUAD IAIN Tulungagung, Salamah Noorhidayati mengaku juga ikut bangga dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada perwakilan direktorat KSKK Madrasah. Menurutnya bahwa prestasi dosen dan mahasiswa yang terus meningkat tersebut, tak lepas dari prinsip “Out of The Box” dan prinsip “Mewujudkan Distingsi”  yang selama ini diterapkan oleh Dekan FUAD di lingkungan fakultas. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya prestasi akademik dan non akademik yang terus menanjak dari tahun ke tahun.
Disampaikan oleh perwakilan Direktur KSKK Madrasah, Yulis Agustin, bahwa Direktur KSKK Madrasah menitipkan pesan secara khusus bahwa iPad Apple diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi Dosen/Guru di lingkungan Kementeraian Agama RI di bidang pendidikan.
“Khususnya peningkatan literasi global dan digitalisasi pembelajaran di era milenial”, kata Yulis saat menyampaikan pesan dari Direktur KSKK Madrasah.
Disebutkannya bahwa ada dua IAIN yang dosennya memperoleh prestasi sebagai penulis dan reviewer buku ajar madrasah terbaik, yaitu IAIN Tulungagung dan IAIN Jember. Selebihnya adalah para guru yang berprestasi dari berbagai provinsi di Indonesia.
Diungkapkan oleh Yulis, bahwa pihak Direktorat KSKK Madrasah sengaja tidak memaketkan hadiah tersebut melaui pos atau jasa penitipan kilat, sebab hadiah tersebut tergolong BMN (Barang Milik Negara) di mana terdapat dokumen-dokumen penerimaan dan penyerahan yang harus ditandatangani oleh pihak pertama, yaitu Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Umar dan pihak kedua, yaitu Dekan FUAD, Rizqon Khamami selaku atasan langsung dari Kajur Manajemen Dakwah, Nur Cholis atau yang biasa disapa dengan Dr. Ois tersebut selaku pihak yang menerima Hadiah.
Barang berupa iPad Apple tersebut memiliki kode BMN 025.04.0199.426302.000.KP 2019 dengan nomor inventarisasi 3. 10.01.02.009.117. Artinya bahwa barang tersebut berhak dimiliki oleh Dr. Ois selama aktif menjadi dosen IAIN Tulungagung, hal itu sebagaimana yang tertera dalam surat perjanjian penyerahan.
Ucapan rasa syukur dan terima kasih disampaikan oleh Kajur Manajemen Dakwah, Nur Cholis kepada Direktur KSKK Madrasah yang telah memberikan hadiah uang tunai sebagai honor penulis, uang transport dan hadiah iPad Apple. Penghargaan dan rasa terima kasih mendalam juga ditujukan kepada Rektor IAIN Tulungagung, para Warek, Dekan FUAD, para Wadek, Kabag Tata Usaha serta kepada seluruh dosen dan mahasiswa Manajemen Dakwah yang selama ini memberikan dukungan dan motivasi dalam menyusun Buku Ajar Madrasah Digital, yaitu Bahasa Arab tingkat MA; Kelas X,XI,XII serta menjadi revier buku ajar Akhlak Taswuf tingkat Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK).
Perlu diketahui bahwa tujuan penulisan buku ajar madrasah dengan bentuk e book gratis yang telah diupoad pada link https://madrasah2.kemenag.go.id/buku/ adalah perwujudan dari misi yang diemban oleh Direktur KSKK untuk mewujudkan empat pilar madrasah, yaitu; Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat, Madrasah Digital, dan Madrasah Go Internasional. Dahulu madrasah mungkin dipandang sebelah mata, namun saat ini madrasah sebagai pioneer program madrasah digital, yaitu program yang dikembangkan oleh KSKK Kemenag RI dengan tujuan untuk menciptakan madrasah sebagai pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital. Dalam konsep tersebut, perangkat digital bukanlah tujuan, melainkan alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi. (ois for humas)
Skip to content