Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Raih Juara 1 Lomba Essay Nasional

Kontributor:

Tulungagung – Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung berhasil meraih Juara 1 Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan oleh komunitas hukum di Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Surakarta, Constitutional Law Community FH UNS. Mahasiswa tersebut adalah Mizza Faridatul Anifah, mahasiswa semester 4 dari Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH).

Lomba bertajuk Lomba Essay Nasional Constellation 2021 dengan tema “Masa Depan Pemberantasan Korupsi Pasca Revisi UU KPK“ tersebut digelar pada 15 Juni sampai dengan 10 Juli 2021.

Mahasiswa yang akrab disapa Mizza tersebut menceritakan, bahwa meski sudah beberapa kali mengikuti lomba Esai, dia mengaku sempat pesimis karena berbenturan dengan event lainnya. Namun pada akhirnya muncul kepercayaan diri sehingga pada tangal 30 Juni 2021 dia mengirimkan naskahnya yang berjudul Potensi Hilangnya Independensi KPK Melalui Peralihan Status Pegawai KPK Menjadi ASN.

Akhirnya pada 13 Juli 2021 dengan rasa tidak percaya, Mizza mendapatkan pengumuman bahwa Esai yang dia tulis memperoleh Juara 1, mengungguli rivalnya yang berasal dari beberapa perguruan tinggi favorit. Dalam hal ini mengungguli beberapa delegasi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia, di antaranya Ristania Salsabila Putri dari Univesitas Indonesia yang meraih Juara 2 dan Rifky Zahran Pradana dari Universitas Padjajaran yang meraih Juara 3. Selain itu ada juga peserta dari Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga dan lain-lain.
Mizza mengaku, perlombaan tersebut memberikan kesan tersendiri baginya, karena ini adalah prestasi pertama yang dia catat pasca peralihan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menjadi UIN SATU Tulungagung.
Tak lupa dia juga menyampaian terimakasih kepada dosen pembimbingnya, Ahmad Gelora Mahardika serta teman-teman di komunitas Legacy. Selain itu ucapan terimakasih juga dia sampaikan kepada keluarga besar FASIH UIN SATU Tulungagung yang telah memberikan do’a dan dukungannya kepada Mizza dalam perlombaan tersebut.
Dekan FASIH UIN SATU Tulungagung, Muhammad Muhtadi Ansor saat dikonfirmasi menyampaikan selamat dan sukses kepada Mizza Faridatul Anifah yang telah menjuarai Lomba Essay Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Surakarta.
“Dengan prestasi ini menunjukkan bahwa FASIH UIN SATU Tulungagung dalam beberapa hal sudah bisa dikatakan sejajar atau bahkan melebihi fakultas hukum yang ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.” kata Muhammad Muhtadi Ansor bangga.
Apresiasi positif datang juga dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Abad Badruzaman. Dia juga memotivasi semua mahasiswa UIN SATU untuk bekerja keras untuk mengukir prestasi.
“Teruskan menorehkan prestasi, banggalah menjadi mahasiswa UIN SATU. Dedikasi, keseriusan dan kerjakeras membuktikan bahwa mahasiswa UIN Satu mampu sejajar, bahkan satu langkah di depan Perguruan Tinggi Umum. Ini tentu kebanggaan bagi yang bersangkutan, kebanggaan bagi Prodi dan Fakultas terkait, dan tentu saja membesarkan serta mengharumkan nama UIN SATU secara institusional.” katanya.
Bagi dosen pendamping, Abad juga menyampaikan terimakasih untuk pendampingannya selama ini. Terbukti, kolaborasi antara ketelatenan dosen pendamping dengan ketekunan mahasiswa yang didampingi, mampu melesakkan prestasi sampai level nasional, sejajar dengan PTU sekelas UI, Unpad, Undip, dan Unair.
“Mari kita bahu-membahu melahirkan prestasi demi prestasi dalam rangka merealisasikan salah-satu misi yang terkandung tag-line kampus ini, Kampus Dakwah dan Peradaban.” imbuh Abad. (humas)
Skip to content