Digelar Secara Daring, PBAK UIN SATU Tahun 2021 Diikuti 5000 Lebih Mahasiswa Baru

Kontributor:

Tulungagung – Dibuka bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) tahun 2021 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung diikuti 5000 lebih mahasiswa baru. PBAK tahun ini masih dilakukan secara Virtual dari Tempat Tinggal sehingga disebut PBAK VDTT 2021.
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia PBAK UIN SATU Tulungagung, Ahmad Muzakki dalam laporannya di acara pembukaan PBAK 2021 pada Selasa siang (17/08/2021).

Menurut Muzakki, dari 5171 jumlah total peserta PBAK tahun ini, rinciannya yaitu dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) ada sejumlah 894 mahasiswa baru, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sejumlah 1803 mahasiswa baru, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) ada sejumlah 1285 mahasiswa baru dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ada sejumlah 1165 mahasiswa baru.
Adapun kegiatan PBAK dibagi menjadi dua bagian, yakni PBAK Universitas dan PBAK Fakultas. Untuk PBAK Universitas dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2021. Sementara PBAK fakultas dilaksanakan pada 19 dan 20 Agustus 2021.
Jika tidak ada perubahan, materi yang disampaikan dalam PBAK kali ini yakni “Antropologi Kampus” yang disampaikan oleh Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag., “Pendidikan” oleh Wakil Rektor 1 UIN SATU Tulungagung, Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I., “Kemahasiswaan” oleh Ketua Umum PB PMII, M. Abdullah Syukri, “Keislaman” oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mahrussiyah Lirboyo, K.H. Reza Ahmad Zahid, materi “Entrepreneur” oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. serta “Kebangsaan” oleh Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, M.A. Ph.D..
Rektor UIN SATU Tulungagung, dalam sambutannya pada pembukaan acara PBAK tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksana kegiatan PBAK VDTT 2021 yang dilaksanakan secara daring dan sukses semua. 
“Acaranya keren, bagus, dan ini salah satu inovasi, kreasi dari mahasiswa UIN SATU Tulungagung. Saya ucapkan selamat atas keberhasilan acara ini dengan penuh tanggung jawab, semangat, dengan penuh ikhlas untuk merancang kegiatan ini sebaik mungkin. Karena itu untuk pelaksana kegiatan PBAK PDTT ini, kegiatan ini sangat keren,” kata Rektor sambil mengacungkan jempol dan disambut tepuk tangan yang hadir di studio PBAK.
Selain itu Rektor juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di UIN SATU Tulungagung meskipun sampai saat ini belum bisa dilakukan kuliah secara luring. Hal ini karena sampai hari ini PPKM masih diperpanjang di Tulungagung.
Di bagian lain, Rektor menyampaikan bahwa, meskipun Tulungagung berada di daerah pinggiran serta jauh dari ibu kota Jakarta, namun keberhasilan UIN SATU Tulungagung menjadi UIN adalah sebuah perjuangan bersama. Dan dengan capaian ini, UIN SATU Tulungagung akan dipacu pengembangannya termasuk dalam menambah jumlah fakultas dan juga program studi terkait denga perkembangan baru.
“Apalagi setelah pandemi ini, banyak hal  yang bisa kita benahi. Banyak hal yang bisa kita rehabilitasi,” kata Rektor.
Hal tersebut bisa jadi dalam sektor kesehatan, sektor pertanian maupun sektor sosial, sehingga bisa jadi UIN SATU Tulungagung akan mengembangkan program studi yang bisa berkontribusi dalam bidang tersebut. Harapannya setidaknya dalam empat tahun ke depan sudah bisa dibuka fakultas kedokteran.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Rektor tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Menteri Agama serta para Menteri lainnya yang telah memberikan ucapan kepada mahasiswa. Selain itu Rektor juga berterimakasih kepada Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur, Dirjend Pendis Kemenag RI, Direktur PTKI Kemenag RI dan lainnya.
Setelah sambutan dari Rektor, acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta PBAK secara simbolik kepada peserta PBAK yang menandai dibukanya PBAK VDTT 2021 UIN SATU Tulungagung.
Acara pembukaan PBAK VDTT 2021 UIN SATU Tulungagung selengkapnya bisa disaksikan di Channel Youtube SATU Televisi.(humas)
Skip to content