Mahasiswi UIN SATU Raih Medali Perunggu dalam PON XX di Papua

Kontributor:

Tulungagung – Salah satu mahasiswi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung berhasil meraih prestasi yang membanggakan dalam event olahraga empat tahunan Pekan Olahraga Nasional XX yang diselenggarakan 2 sampai dengan 15 Oktober 2021 di Provinsi Papua. Dia adalah Sofi Ashari, mahasiswa semester V program studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN SATU Tulungagung yang berhasil meraih medali perunggu cabang olahraga Jujitsu yang merupakan salah satu dari delapan cabang olahraga eksibisi dalam PON XX tersebut.
Saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sofi mengatakan bahwa dalam event tersebut dia turun di kategori Newaza 56 kg. Dia memperebutkan medali perunggu setelah sebelumnya gagal ke final. Diungkapkannya dalam perebutan perunggu tersebut dia mengalahkan Linda Darrow dari Jawa Tengah dalam pertandingan yang dilangsungkan di GOR MPCC Mimika, Papua pada 10 Oktober 2021.

“Syukur Alhamdulilah , walaupun masih memperoleh perunggu tapi dapat memperoleh pengalaman dan pembelajaran untuk nanti kedepannya,” kata putri pasangan Ariyadi dan Sriatin asal Desa Mangunan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar tersebut.
Selain itu, dia berharap kepada pihak kampus supaya dapat mengapresiasi mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik serta memberikan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa. Tak lupa dia juga berpesan kepada teman-teman sekampusnya di UIN SATU Tulungagung supaya tidak berhenti untuk menjadi yang diinginkan, dalam hal ini untuk meraih prestasi. 
“Karena tidak ada yang tidak mungkin jika kalian selalu berusaha dan berdoa.” katanya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag. melalui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sutopo, M.Pd. mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan selamat kepada Sofi Azhari yang telah mendapatkan medali perunggu dalam PON XX di Papua tersebut.
“Capaian ini tidak lepas dari usaha dan kerja keras yang patut ditiru oleh mahasiswa UIN SATU, terutama mahasiswa FEBI,” kata Sutopo.
Menurutnya perlu diketahui bahwa selama ini FEBI UIN SATU Tulungagung memang merupakan gudangnya atlit sehingga Sofi Ashari menjadi tambahan aset bagi UIN SATU Tulungagung, sehingga kedepan bisa dipersiapkan mengikuti ajang perlombaan Jujitsu ditingkat nasional.
Tak lupa Sutopo juga memberikan motivasi bagi mahasiswa UIN SATU, khususnya dari FEBI untuk meraih prestasi akdemik maupun non akademik dalam rangka mengharumkan nama almamater.
Sebelumnya, Rektor UIN SATU Tulungagung, Maftukhin juga telah memberikan motivasi kepada para mahasiswanya untuk meraih prestasi, baik itu akademik maupun non akademik. Karena daya juang serta daya saing mereka kelak ketika sudah terjun di masyarakat sudah terlatih dan terasah dengan keikutsertaan mereka dalam berbagai ajang kompetisi yang telah mereka ikuti selama menjadi mahasiswa. (humas)
Skip to content