UPZ UIN SATU Tulungagung Distribusikan Zakat Fitrah ASN dan Karyawan

Kontributor:

Tulungagung – UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melalui lembaga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) mengumpulkan dan mendistribusikan zakat fithrah dari ASN dan karyawan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sebanyak 291 paket beras zakat fitrah didistribusikan kepada mustahiq di lingkungan sekitar kampus pada Kamis (28/04).
Ahmad Supriyadi,M.Pd.I., Wakil Ketua UPZ UIN SATU Tulungagung mengatakan, seluruh ASN dan karyawan UIN SATU Tulungagung menyalurkan zakat fitrah melalui UPZ UIN SATU Tulungagung. Tercatat ada 549 muzakki (termasuk istri, suami, dan atau anak dari ASN dan karyawan) yang turut menyalurkan zakat mereka melalui UPZ UIN SATU Tulungagung. Dari jumlah tersebut terkumpul Rp. 19.105.200,- yang kemudian dibagikan kepada muzakki, yakni kepada faqir miskin dan sabilul khair (panti asuhan dan penjaga palang rel), baik dalam bentuk beras maupun uang tunai.
“Alhamdulilah, pada tahun ini terkumpul dana lebih 19 juta dari 549 muzakki yang pada hari ini,  Kamis, 26 Ramadhan kami distribusikan kepada golongan penerima zakat di lingkungan sekitar kampus,” terangnya.

Sementara itu, Ketua UPZ UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. mengatakan bahwa pendistribusian zakat di lingkungan sekitar kampus merupakan upaya kampus untuk semakin merekatkan hubungan baik dengan masyarakat.
“Kegiatan distribusi zakat kepada masyarakat terdekat dari kampus, tentu yang sesuai dengan syariat Islam sebagai golongan yang berhak menerima zakat,” ujar Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Islam.
Tahun ini merupakan tahun ke 4 dari program UPZ UIN SATU Tulungagung menjalankan amanah dari muzakki dalam menyalurkan zakat. UPZ UIN SATU Tulungagung diresmikan pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur yang ditandangani pada 18 Juli 2018. Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. ditunjuk sebagai ketua UPZ UIN SATU dengan wakil Ahmad Supriyadi,M.Pd.I.
Dalam upaya memberikan pelayan optimal, terdapat lima bidang yang membantu kinerja ketua dan wakil ketua, yakni: Koordinator Bidang Pengumpulan, Dr. Hj. Binti Maunah,M.Pd.; Koordinator Bidang Pendistribusian, Imam Mutholib, M.M.; Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat, Dr. Rizqon Hamami, M.A; Koordinator Bidang SDM, Dr. H. Ahmad Muhatdi Ansor, M. Ag., Koordinator Bidang Pendayagunaan, Dr. H. Dede Nurohman,M.Ag..
“Tahun depan, Insyaallah kami akan terus mendistribusikan zakat, infaq dan shodaqoh. Kami ucapakan terimakasih kepada para muzakki yang telah mempercayakan zakat fitrahnya melalui UPZ UIN SATU. Harapan kami, pengumpulan zakat di UPZ UIN SATU semakin meningkat, karena potensi zakat, infaq dan shodaqoh di UIN Sayyid Ali Rahmatullah cukup besar,” harap Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag.. (nawa)
Skip to content