UIN SATU Tulungagung Raih Peringkat 4 Perolehan Medali PESONA PTKN 2022 di Bandung

Kontributor:

Bandung – Kontingen Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) berhasil meraih peringkat keempat dalam Pekan Pekan Seni Olah Raga Nasional (PESONA) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) I yang diselenggarakan di Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung) pada 8 sampai dengan 13 Juli 2022.
Dalam even dua tahunan PTKN tersebut UIN SATU Tulungagung berhasil mengumpulkan dua medali emas, tiga perak, dan enam perunggu. Dua medali emas yang diraih tersebut diraih dari cabang olahraga bola voli. Sedangkan catur yang biasanya menjadi penyumbang emas gagal mendulang emas pada even ini. UIN SATU Tulungagung berada di posisi keempat di bawah tuan rumah sekaligus juara umum UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang disusul UIN Sunan Ampel Surabaya di peringkat tiga dan UIN Raden Fatah Palembang di peringkat tiga.

Atas raihan tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag. menyampaikan apresiasinya kepada para anggota kontingen atau atlit serta para official yang telah bekerja keras mulai dari persiapan hingga usainya lomba. Karena tanpa kerja keras tersebut rasanya sulit untuk mencapai prestasi tersebut.
“Capaian klasemen ini melebihi target awal. Target klasemen sebenarnya adalah ada di peringkat tujuh, namun berhasil dapat klasemen 4 dari 62 PTKN dari seluruh Indonesia,” kata Abad bangga.
Hal lain yang membuat bangga atas capaian tersebut adalah UIN SATU Tulungagung berhasil menjaga tradisi untuk tidak tercecer dari peringkat 10 besar. Menyebut beberapa PTKIN yang berhasil menjadi juara umum yang akhirnya tercecer dari 10 besar ketika tidak menjadi tuan rumah, UIN SATU Tulungagung boleh dikatakan sangat konsisten untuk berada di 10 besar.
Tak lupa pihaknya juga menyampaikan terimakasih untuk dukungan pimpinan UIN SATU Tulungagung dan segenap keluarga besar UIN SATU Tulungagung.
“Namun demikian kami akan segera mengevaluasi untuk meraih prestasi lebih baik ke depan terutama dalam cabang lomba seni. Selain itu akan kami bahas persiapan PORSI (Pekan Kreativitas, Sains dan Seni) se Jawa-Madura yang akan dihelat pada tahun 2023." kata Abad.
Perlu diketahui PORSI ini merupakan kelanjutan dari even dua tahunan PTKIN se-Jawa dan Madura yang dulunya bernama Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa se-Jawa dan Madura atau IPPBMM yang mana UIN SATU Tulungagung pernah menjadi tuan rumah pada 2016 lalu.(sin)
Skip to content