Kontingen UIN SATU Raih Predikat Tapak Kemah Putri Terbaik pada PWN PTK XIV

Kontributor:

Tulungagung – Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI 2023 ditutup dengan membawa kabar yang membanggakan. Kontingen UIN SATU Tulungagung berhasil meraih penghargaan Tapak Tenda Puteri Terbaik. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa'adi pada upacara penutupan PWN PTK XVI 2023 di Bumi Perkemahan Kampus 2 Institut Agama Islam Negeri Gorontalo pada Jum’at, 26 Mei 2023.

Tapak Tenda Terbaik adalah salah satu kategori penghargaan yang diberikan oleh panitia penyelenggara PWN PTK XVI 2023. Tapak Tenda UIN SATU Tulungagung dibangun dengan konsep sesuai standar pendirian tenda kemah, dengan menambahkan unsur pelengkap berupa atribut khas daerah Tulungagung, yaitu reog kendang, jaranan, gunungan wayang, serta banner lembaga.


Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI 2023 dilaksanakan di Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas membuka PWN PTK XVI 2023 pada hari Senin, 22 Mei 2023 dan ditutup oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa'adi pada hari Jum’at, 26 Mei 2023.

Pada perkemahan nasional tahun 2023 ini, UIN SATU Tulungagung memberangkatkan 8 pramuka putra, 8 pramuka putri, 2 orang Pembina Pendamping dan 1 Pimpinan Kontingen, sehingga jumlah total rombongan sebanyak 19 orang. Dr. H. Nursamsu, SPd.I, M.Pd. didapuk bertindak sebagai Pimpinan Kontingen. Kontingen UIN SATU Tulungagung berangkat pada hari Minggu, 21 Mei 2023 dan tiba kembali di Tulungagung pada hari Sabtu, 27 Mei 2023.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi dalam upacara penutupan menyatakan, dengan PWN ke-16 yang telah berlangsung, diharapkan dapat membangkitkan Moderasi Beragama sebagai spirit baru Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK). Wamen juga meyakini bahwa, tema yang diusung yakni Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama, telah menjadi spirit bagi peserta PWN dalam melaksankan kegiatan-kegiatan yang ada.

“Saya kira dengan banyaknya perjumpaan para peserta yang datang dari berbagai daerah, mampu untuk merekatkan ke-Indonesiaan kita yang sangat besar dan kaya,” kata Wamen, di Gorontalo, Jumat (26/5/2023).

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa, Alumni, dan Kerjasama UIN SATU Tulungagung, Abad Badruzaman menyampaikan apresiasinya kepada panitia PWN PTK XVI 2023 di Gorontalo.

“Mewakili pimpinan, saya mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan PWN XVI di IAIN Gorontalo. Kesuksesan ini akan menjadi pemicu sekaligus acuan bagi penyelenggaraan PWN yang akan datang,” ucapnya.

Guru Besar Bidang Tafsir ini juga menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi untuk Kontingen Pramuka UIN SATU di gelaran PWN XVI di IAIN Gorontalo yang telah mewakili UIN SATU di ajang dua tahunan tersebut.

“Selamat atas raihan prestasi kontingen pramuka UIN SATU meraih salah satu kategori lomba Tata Tapak Tenda Puteri Terbaik. Semoga raihan ini memicu Pramuka UIN SATU untuk mempertahankannya di ajang yang sama di tahun-tahun yang akan datang, dan berupaya meraih juara untuk kategori-kategori lomba lainnya,” ujar Wakil Rektor 3 menutup statemen.(*)

Skip to content