Mahasantri Madin Kembali Gelar Khotmil Qur’an di Masjid UIN SATU Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Kegiatan Khotmil Qur'an telah berlangsung dengan khidmat yang dilaksanakan kembali pada pagi hari pukul 06.30 WIB, yang bertempat di masjid Baitul Hakim UIN SATU Tulungagung. Diiringi lantunan syair tanpo waton yang merdu sebagai pembuka acara Khotmil Qur'an. Mahasantri Madin  berbusana hitam putih beserta asatidz asatidzah memenuhi area masjid Baitul Hakim UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada Rabu (31/05/2023).

Khotmil Qur'an merupakan kegiatan rutinan dalam rangka penutupan program pembelajaran Madin reguler UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang diadakan setiap akhir semester. Kurang lebih sekitar 5000 Mahasantri dan tamu undangan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Meskipun cuaca terasa panas, tidak mengurangi semangat mereka.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada asatidz-asatidzah yang telah meluangkan waktunya untuk mengajar para Mahasantri dan meskipun madinnya selesai jangan sampai ngajinya juga selesai, rencana kedepannya mahasantri baru akan mukim di Ma'had semua tanpa terkecuali," ujar Ustadz Saerozi selaku mudir Ma'had Al-Jami'ah UIN SATU.

Ustadz Bagus (Koordinator HIMASAL) juga menuturkan bahwa adanya acara Khotmil Qur'an ini tidak hanya sebatas berkumpul bersama tetapi  mengamalkan ilmu yang didapat selama 1 tahun dan juga sebagai penyemangat untuk menghafalkan Al-Qur'an. Harapan lainnya semoga semua mahasiswa UIN bisa memberikan banyak kontribusi ketika bermasyarakat seperti mengimami sholat, tahlil dan lain-lain.

Direncanakan, pada tahun mendatang acara Khotmil ini bisa di desain sedemikian rupa dan di atur sebaik mungkin sehingga acara lebih bisa menarik lagi. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwasannya Khotmil Quran ini merupakan kegiatan positif yang harus dilestarikan oleh para mahasantri Madin UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (mahad/wikan)
 

Skip to content