Kepala SPI UIN SATU Tulungagung diangkat sebagai Ketua Forum SPI PTKN se-Indonesia

Kontributor:

Bogor – Pada tanggal 22-24 November 2023, Forum SPI PTKN seluruh Indonesia melakukan rapat koordinasi tentang evaluasi kerja serta sinkronisasi laporan pertanggungjawaban bersama Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama. Acara yang dihadiri oleh SPI seluruh Indonesia  baik Ketua, sekretaris maupun anggota SPI ini juga mengagendakan pemilihan ketua Forum SPI PTKN 4 tahun mendatang menggantikan Bapak Abdul Hamid Cebba pada periode tahun 2020-2023.
Berkesempatan membuka acara yaitu Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Ali Ramdani, dalam arahannya menjelaskan bahwa forum SPI ini merupakan forum penting yang mensinergikan tugas serta fungsi SPI PTKN dan memperkuat peran SPI di masing-masing instansi. “Pengawasan langsung di Unit maupun Lembaga Pemerintah sangat penting untuk dilakukan terutama dengan hadirnya forum ini akan menunjukkan bagaimana pola serta treatment yang harus dilakukan pada satker masing-masing,” tambahnya.

Juga dilakukan serah terima jabatan Ketua Forum SPI lama yaitu pak Cebba kepada Ketua Forum SPI yang baru. Pak Cebba menyampaikan selaku mantan ketua Forum SPI PTKN “Pengalaman serta jaringan melalui langsung ke pusat menjadi hal yang penting terutama untuk ketua Forum SPI PTKN selanjutnya.”.
Kepala SPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung selaku ketua Forum SPI PTKN se Indonesia masa jabatan 2023-2027, Ahmad Yunus, yang juga pernah bertugas di Inspektorat Jenderal Kemenag RI selama kurang lebih 7 tahun menanggapi bahwa amanat sebagai ketua forum ini akan menjadi titik pijak awal bagaimana peran SPI di setiap PTKN akan semakin penting dan krusial dalam urusan non-akademis.
“Penunjukkan Kepala SPI UIN SATU Tulungagung sebagai Ketua Forum SPI PTKN merupakan sebuah amanat yang harus dilakukan secara kompeten dan akuntabel”. Beliau menambahkan bahwa “penunjukkan sebagai ketua forum adalah mandat yang tidak dilakukan oleh perseorangan saja, akan tetapi ini merupakan forum dimana wadah dari integrasi antar SPI PTKN bersuara dalam profesionalitas kerja di bidang pengawasan”.
Penanggungjawab kegiatan Ditjen Pendis, Bapak Safriansah, yang pada acara kali ini memfasilitasi acara Forum SPI PTKN tahun ini mengungkapkan bahwa forum ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi berbagai SPI PTKN tentang pengawasan terutama auditor eksternal.
“Agenda tim Itjen maupun BPK yang hadir setiap saat bahkan pada akhir tahun di setiap Instansi masing-masing menjadi tugas SPI dalam mendampingi tim auditor. Forum ini bisa menjadi solusi tentang tugas SPI dalam hal pengawasan eksternal dan terpilihnya ketua Forum SPI PTKN bisa dijadikan Pusat koordinasi untuk mencari jalan keluar bersama”. (spi/tr)

 

Skip to content