Tandatangani MoU dengan Zarqa University Yordania, Langkah Maju UIN SATU Tulungagung dalam Kerjasama Internasional

Kontributor:

Palembang — Pada Selasa, 23 Januari 2024, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung bersama dengan Universitas Zarqa Yordania bersepakat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan pengembangan lembaga. Seremoni ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Perpustakaan Lt.4 UIN Raden Fatah Palembang.
Acara ini dihadiri oleh CEO Zarqa University, Dr. Mahmoud Abu Sheirah, dan Presiden Zarqa University, Prof. Dr. Nidal Al Ramahi. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Syamsun Ni'am, M.Ag.

Tidak hanya menjadi peristiwa bilateral, penandatanganan MoU ini turut diikuti oleh 54 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Ketua Forum Rektor PTKIN, Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag., tuan rumah Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., bersama para rektor dan perwakilan dari PTKIN menyaksikan kesepakatan ini.
MoU ini menandai komitmen antara kedua lembaga dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi ini mencakup pertukaran mahasiswa, dosen, dan staf, serta kerja sama dalam penelitian dan penyelenggaraan seminar, workshop, dan konferensi.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Syamsun Ni'am, M.Ag., menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam memperluas jaringan internasional. Dengan harapan dapat membuka peluang kolaborasi yang lebih luas, memberikan manfaat bagi pengembangan akademik, dan meningkatkan kualitas pendidikan di kampus.
“UIN SATU Tulungagung berkomitmen untuk terus memperluas jaringan internasional dengan perguruan tinggi, lembaga pemerintah, dan perusahaan luar negeri,” tegasnya.
Prof. Dr. Nidal Al Ramahi, dalam ungkapannya, menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa. Zarqa University merasa sangat senang menjalin kerjasama yang erat dengan 54 PTKIN di seluruh Indonesia.
Universitas Zarqa, didirikan pada tahun 1994 di Kota Zarqa, Yordania, memiliki 15 fakultas yang mendukung sistem pendidikan tinggi Yordania dalam memenuhi berbagai kebutuhan ilmiah, sosial, ekonomi, budaya, dan manusia. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerja sama antarlembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan Yordania.(ulil)

 

Skip to content