Stand Expo UIN SATU di AICIS ke-23 Pamerkan Ratusan Buku Karya Dosen dan Mahasiswa

Kontributor:

Semarang — Stand Expo Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) memamerkan ratusan buku karya dosen dan mahasiswanya dalam Expo Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 atau AICIS 2024 yang digelar di Gedung Aula Planetariun Kampus 3 UIN Walisongo Semarang. Expo ini dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani pada Kamis (01/02/2024) dan akan berlangsung hingga penutupan AICIS ini.
Menurut penanggungjawab Stand Expo UIN SATU Tulungagung dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU Tulungagung, Didin Wahyudin, bahwa dalam pameran tersebut dia menyiapkan ratusan buku dengan sekurang-kurangnya terdiri atas 50 judul buku hasil karya para dosen dan mahasiswa UIN SATU Tulungagung. Para pengunjung dapat mendapatkan buku-buku tersebut dengan harga terjangkau.

“Kalau beruntung bisa mendapatkan yang gratis,” kata Didin yang asli Ciamis ini.
Masih menurut Didin, buku-buku tersebut lahir dari upaya kampus UIN SATU Tulungagung yang menggerakkan dengan masif budaya literasi di dalam kampus. Tidak hanya di kalangan para dosen, tapi juga di kalangan mahasiswa. Misalnya melalui kegiatan menulis artikel bagi mahasiswa baru, menulis jejak sejarah desa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) hingga penulisan-penulisan yang bersifat ilmiah melalui berbagai kegiatan.
"Kegiatan expo ini juga menjadi salah satu sarana untuk mendesiminasikan hasil karya dosen-dosen UIN SATU ke khalayak umum," kata Didin yang juga Ketua Pusat Moderasi Beragama UIN SATU Tulungagung ini.
Didin juga menambahkan bahwa LP2M UIN SATU Tulungagung sebagai penanggungjawab Stand Expo menampilkan hasil karya mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung yang diselenggarakan di akhir tahun 2023 dengan tema "KKN Berbasis Keluarga Maslahat", dimana UIN SATU Tulungagung adalah kampus pertama yang menyelenggarakan kegiatan KKN dengan tema tersebut.
"Hasil karya mahasiswa KKN Keluarga Maslahat ini salah satunya adalah buku dengan tema keluarga maslahat," pungkas Didin yang merupakan Sekretaris LP2M UIN SATU Tulungagung mendampingi Prof Ngainun Naim sebagai Ketuanya.(sin)
Skip to content